Survey Kepuasan Masyarakat Dinas Pangan Tahun 2019

Spread the love

Kualitas pelayanan publik merupakan sebuah indikator utama dalam penyelenggaraan pemerintahan yang baik, mulai pemerintah pusat hingga pemerintah daerah. Bahkan Kementerian PANRB mendorong peningkatan kualitas pelayanan publik melalui penghargaan bagi instansi pemerintah yang melakukan pengembangan dan Inovasi Pelayanan Publik. Untuk itu dalam rangka untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik secara berkelanjutan, Dinas Pangan Kota Salatiga, menyelenggarakan Survey Kepuasan Masyarakat. Survei Kepuasan Masyarakat atau SKM harus dilaksanakan oleh penyelenggara pelayanan publik secara berkelanjutan sebagai dasar peningkatan kualitas dan inovasi pelayanan publik dengan jangka waktu minimal 1 tahun sekali. Hasil survei tersebut kemudian dipublikasikan kepada masyarakat melalui media massa, website, dan media sosial baik dalam bentuk skoring/angka absolut, atau dapat pula disajikan dalam bentuk kualitatif.

SKM ini didasarkan pada peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2014 tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Penyelenggara Pelayanan Publik.

Hasil Survey Kepuasan Masyarakat pada Dinas Pangan, dengan melibatkan 20 responden, perwakilan kelompok penerima bantuan pada Dinas Pangan Tahun 2019. Kelompok tersebut mewakili Kelompok penerima bantuan Kegiatan Pengembangan Lumbung Pangan Desa, Kegiatan Pengembangan Desa Mandiri Pangan dan Kegiatan Pengembangan Pekarangan berbasis Rumah Tangga ( KRPL). Nilai Kepuasan Masyarakat berdasarkan hasil survey kepada kelompok penerima bantuan diperoleh angka sebesar 71,20 (baik). Adapun hasil survey kepuasan masyarakat pada dinas pangan, terlampir

Attachments