Pelatihan Hidroponik sebagai upaya memaksimalkan Lahan Pekarangan Sempit diwilayah Perkotaan

Spread the love
Hidroponik merupakan salah satu teknik budidaya tanaman yang saat ini banyak digandrungi oleh masyarakat modern. Teknik tanam ini menggunakan prinsip kerja menanam dengan media selain tanah dan mencukupi nutrisi untuk tanaman dengan menggunakan larutan nutrisi AB Mix yang dialirkan ke akar tanaman.
Beberapa tanaman seperti sayur-sayuran, buah-buahan dan juga tanaman hias sangat cocok bila dijadikan sebagai tanaman yang dibudidayakan dengan hidroponik. Budidaya menggunakan teknik hidroponik memiliki beberapa keunggulan bila dibandingkan menanam secara konvensional yang menggunakan media tanah untuk budidaya.
Berikut ini tiga keuntungan dari hidroponik yang bisa jadi bahan pertimbanganmu untuk lebih memilih teknik budidaya ini dibandingkan konvensional.

1. Hidroponik tidak mengenal musim dan tempat
Adanya anomali cuaca saat ini menyebabkan kita sulit untuk memprediksi kondisi cuaca beberapa hari ke depan. Terkadang kita sering menjumpai waktu saat seharusnya diguyur hujan justru kering tanpa air hujan yang turun sedikitpun. Hal ini menyebabkan kita akan sulit untuk menentukkan waktu tanam yang tepat bagi tanaman terutama untuk sayuran.
Bukan hanya permasalahan kondisi cuaca yang ada, tapi di era modern ini lahan persawahan juga semakin berkurang akibat pengalihan fungsi lahan persawahan menjadi tempat tinggal maupun gedung-gedung perkantoran. Permasalahan ini akan sangat sering kita jumpai di daerah perkotaan yang lebih banyak didominasi oleh gedung-gedung pencakar langit. Hal ini tentu menjadi permasalahan yang serius mengingat semakin sempitnya lahan yang dapat ditanami.
Bagi kamu yang ingin berkebun, tapi terhalang dua kondisi di atas, hidroponik bisa menjadi solusi terbaik. Hidroponik dapat dipasang di atap maupun di dalam rumah yang sempit sekalipun karena instalasi yang dipasang tidak membutuhkan tempat yang luas. Kunci bertanam dengan hidroponik ini terdapat pada pemenuhan nutrisi dan penyinaran matahari yang cukup bagi tanaman.
Budidaya dengan teknik hidroponik ini tidak membutuhkan tanah sama sekali namun mengganti fungsi tanah yang ada dengan larutan nutrisi AB Mix untuk memenuhi unsur hara yang dibutuhkan. Kamu dapat memodifikasi instalasi yang ada dengan menggunakan screen houseatau green house sehingga bisa digunakan di segala kondisi cuaca.
2. Lebih bersih dan bebas dari OPT (Organisme Pengganggu Tanaman)
Penggunaan screen house atau green house ini selain untuk melindungi dari sinar matahari berlebih dan hujan yang turun di luar musim juga bisa digunakan sebagai penghalang OPT masuk dan merusak tanaman.
Bukan hanya itu, hidroponik ini tidak menggunakan tanah sebagai media tanam sehingga kemungkinan tanaman terkena serangan organisme dalam tanah akan semakin kecil. Penggunaan media tanam selain tanah seperti arang sekam, kerikil dan juga rockwool ini akan jauh lebih bersih bila dibandingkan dengan teknik konvensional.
3. Kualitas lebih baik sehingga harga jual lebih tinggi
Semakin kecilnya kemungkinan serangan OPT baik dari bahan tanam maupun lingkungan dengan penggunaan hidroponik ini maka tanaman yang dihasilkan menjadi lebih sehat dan kualitas lebih baik dibandingkan dengan menanam menggunakan teknik konvensional. Kualitas yang baik ini selain baik untuk kesehatan juga mampu meningkatkan harga jual dari tanaman yang dibudidayakan.
Bila dibandingkan dengan tanaman yang dibudidayakan secara konvensional, tanaman hidroponik ini bisa dijual dengan harga 2-3 kali lipat dari tanaman konvensional, sehingga keuntungan yang didapat akan semakin besar.
Itulah tiga keuntungan utama yang bisa kamu dapatkan dengan menanam menggunakan teknik hidroponik. Yuk ciptakan kebun sayur segar rumahan dan tingkatkan peluang bisnis dengan hidroponik.
Praktisi Hidroponik – Bapak Suratman_ sedang memberikan paparan sekaligus pendampingan pemasangan instalasi Hidroponik bagi peserta Hidroponik Dinas Pangan Kota Salatiga, 21 – 22 Oktober 2020
pemasangan Instalasi Hidroponik oleh Petugas Dinas Pangan Kota Salatiga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *