Hari Pertama Masuk Kerja, Pemkot Gelar Halal Bi Halal

SALATIGA – Hari pertama masuk kerja seusai cuti bersama Idul Fitri 1439 H, Pemkot Salatiga menggelar apel dan Halal Bi Halal di Rumah Dinas Walikota Salatiga, Kamis 21/06. Kegiatan yang diikuti ribuan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemkot Salatiga tersebut dipimpin langsung oleh Walikota Salatiga, Yuliyanto dan dihadiri oleh Jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Salatiga.

Dalam amanatnya, Walikota menyampaikan apresiasi atas kebersamaan antara Forkopimda dan Pemkot Salatiga yang selama ini telah terjalin dengan baik. Walikota mengatakan bahwa dukungan dari Forkopimda sangat berarti bagi kemajuan Kota Salatiga.

“Presatasi Kota Salatiga seperti Piala Adipura, opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), predikat sebagai kota toleran merupakan buah karya dan kerja keras dari seluruh aparatur pemerintahan dalam memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat. Hal tersebut tentu saja merupakan hasil kerja bersama yang didukung oleh Forkopimda,” kata Walikota.

Walikota juga menyampaikan rasa terimakasih kepada ASN dan juga instansi vertikal lainnya yang telah menjaga kondusifitas dan keamanan selama cuti Hari Raya Idul Fitri.

“Terimakasih kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang telah bertugas dengan baik selama cuti hari raya. Bagi ASN yang bertugas selama hari raya bisa mengajukan cuti setelah lebaran ini. Bagi yang sudah menikmati libur, hari ini kita masuk dengan semangat baru dan bersih dalam segala hal. Mari kita bersama-sama mewujudkan visi dan misi kota Salatiga,” kata Walikota.

Sebelum bersalam-salaman, peserta apel dan halal bi halal menyimak tausiyah dari Wakil Walikota Salatiga, Muh Haris yang dalam kesempatan tersebut membahas tentang ciri-ciri orang yang berhari raya. “Orang yang berhari raya adalah orang yang dermawan, orang yang bisa menahan segala amarahnya, orang yang mudah memberi maaf kepada orang lain, lembah manah kalih sedaya jembar segaranipun, dan yang keempat orang yang selalu beristigfar,” pungkas Wawali. (sg)

Disadur dari : https://salatiga.go.id/hari-pertama-masuk-kerja-pemkot-gelar-halal-bi-halal/

Peringati Hari Lahir Pancasila, Sekda Ajak ASN Rawat Pancasila

Balaikota –  Sekda Kota Salatiga menjadi inspektur upacara pada peringatan Hari Kelahiran Pancasila di Halaman Pemkot Kota Salatiga, Sabtu (1/5). ASN di lingkungan Pemkot Salatiga diharapkan terus merawat  dan merealisasikan nilai-nilai Pancasila di kehidupan sehari-hari.

Pancasila merupakan  dasar negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang telah digali oleh para pendiri bangsa  dan merupakan suatu anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa. Menurutnya, kita sebagai bangsa yang besar harus terus menanamkan Pancasila di berbagai sendi kehidupan di masyarakat.

“ Sebagai bangsa kita harus terus merealisasikan nilai-nilai Pancasila. Kita akui eksistensi keindonesiaan baik sebagai bangsa maupun sebagai negara masih dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila tersebut, “ Jelas Drs Fakruroji  saat membacakan sambutan Kepala BPIP (Badan Pembinaan Ideologi Pancasila) Republik Indonesia di hadapan seluruh ASN Pemkot Salatiga.

Melalui peringatan ini, proses internalisasi sekaligus pengamalan nilai-nilai Pancasila harus terus dilakukan dan diperjuangkan secara terus menerus. Pancasila harus tertanam dalam hati yang suci dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

“ Meneguhkan komitmen terhadap ideologi negara itulah kita peringati hari kelahiran Pancasila sebagai salah satu kebanggaan nasional (national pride),” Bebernya.

Lebih lanjut, keberagaman yang ada di Indonesia secara alami dan kultural bisa dikelola dan dikembangkan untuk membangun tamansari kebudayaan dan memungkinkan semua makhluk hidup tumbuh sesuai dengan ekosistem yang sehat. Karena, lanjut Dia bahwa Indonesia untuk kita semua dan Pancasila adalah rumah kita semua.

“ Ini menjadi sebuah keyakinan dan pendirian yang harus terus diperjuangkan. Keberagaman kondisi geografis, flora, fauna hingga aspek antropologis dan sosiologis masyarakat hanya dapat dirajut dalam bingkai kebangsaan yang inklusif. Itu semua ada di dalam  Pancasila,” Pungkasnya.

Sementara itu, hal yang tak biasa terlihat pada pelaksanaan upacara kali ini. Ada beberapa ASN dari pemerintah pusat/kementrian yang mengikuti upacara hari lahir Pancasila di halaman pemkot Pancasila. Mereka adalah ASN yang sudah mudik hari raya ke kampung halaman.

Di sadur dari https://salatiga.go.id/peringati-hari-lahir-pancasila-sekda-ajak-asn-rawat-pancasila/